Gabus adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Letak Geografis Kecamatan Gabus Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan memiliki relief daerah pegunungan kapur dan perbukitan, pada ketinggian antara 50 -100 meter di atas permukaan air laut dengan kelerengan 8°-15° Dilihat dari Peta Kabupaten Grobogan, Kecamatan Gabus teletak di bagian paling timur dan merupakan perbatasan antara Kabupaten Grobogan dengan Kabupaten Ngawi. Detail peta Kecamatan ini dapat ditelusuri melalui Google Maps. Adapun potensi di wilayah Kecamatan ini meliputi Pertanian (Padi, Palawija, Jagung), dan Peternakan (Sapi) sebagaimana terlihat pada Aspek Umum Kecamatan Gabus di bawah ini. Kecamatan Gabus sebagaimana kecamatan lain di Grobogan terbentuk bersama-sama dengan terbentuknya Kabupaten Grobogan yaitu berdasarkan UU No. 13 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah-daerah Kabupaten di lingkungan Provinsi Jawa Tengah.

Luas Wilayah Kecamatan Gabus Secara administratif Kecamatan Gabus terdiri dari 14 Desa, 544 RT, dan 100 RW dengan ibukota berada di Desa Sulursari. Kecamatan ini mempunyai luas 165,37 Km2 dengan jumlah penduduk pada bulan September Tahun 2011 sebanyak 75.725 jiwa.jarak dari utara ke selatan ± 36 Km dan jarak dari barat ke timur ± 18 Km.

Dilihat dari peta Kecamatan Gabus berbatasan dengan :

Sebelah Barat              : Kecamatan Kradenan

Sebelah Utara              : Kecamatan Ngaringan

Sebelah Timur             : Kecamatan Jati Kabupaten Blora

Sebelah Selatan          : Kecamatan Tangen Kabupaten Sragen

Nama kecamatan ini berasal dari sebuah spesies bernama Channa striata atau Ikan Gabus, nama kecamatan ini dinamai Gabus karena banyak orang yang memelihara ikan ini.

peta kec gabus