Loading...

Upaya berbagai pihak untuk menjadikan Banjarejo sebagai salah satu desa wisata di Grobogan akhirnya terwujud. Penetapan Desa Wisata Banjarejo ini dilakukan langsung oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni, Kamis (28/10/2016). Acara grand launching Desa Wisata Banjarejo ini dilangsungkan di balaidesa setempat.

Selain bupati, peresmian desa wisata juga dihadiri Wakapolres Grobogan Kompol Wahyudi, Ketua DPRD Agus Siswanto dan perwakilan FKPD lainnya. Acara peresmian juga dihadiri hampir semua kepala SKPD, Muspika Gabus, Muspika Ngaringan dan Kepala Desa se-Kecamatan Gabus. Terlihat pula pejabat dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran dalam kesempatan itu.

Acara peresmian Desa Wisata Banjarejo ditandai dengan pemukulan drum oleh Sri Sumarni. Kemudian dilanjutkan dengan pemukulan lesung oleh bupati dan jajaran FKPD yang hadir dalam acara tersebut.

Saat menyampaikan sambutan Sri Sumarni menyatakan, selaku bupati, dia mendukung penuh dijadikannya Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus sebagai salah satu desa wisata. Sebab, potensi yang ada disana memang layak dipromosikan untuk mendatangkan wisatawan.

ganjarGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta lokasi penemuan fosil di Kabupaten Grobogan dibuat museum, seperti halnya Museum Sangiran, di Kabupaten Sragen.

Fosil belum lama ini ditemukan di ladang pertanian warga di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan sejak Juni 2017. Sejauh ini, tim peneliti masih menggali situs penemuan tersebut. Nantinya lokasi fosil bakal dibangun bangunan permanen untuk meletakkan fosil-fosil yang ditemukan.

"Ya nanti seperti Sangiran. Jadi pengetahuan, pendidikan sekaligus tempat wisata. Penting bagi masyarakat untuk mendukung," kata Ganjar, seusia meninjau lokasi fosil purba di desa tersebut, Rabu (2/8/2017).

Dia mengatakan, masyarakat setempat harus sepakat terlebih dulu jika wilayahnya dibuat museum. Jika warga sepakat, tinggal proses peralihan tanah.

Ganjar pun meminta agar kawasan itu ditata betul dengan melibatkan ahli lanskap. Ahli itu diminta membuat master plan daerah wisata purbakala.